Tarik Tunai Tapi Uang Tidak Keluar

Tarik Tunai Tapi Uang Tidak Keluar, Ini Solusinya!

Tarik tunai tapi uang tidak keluar tentu akan membuat kita panik. Hal ini disebabkan oleh adanya ketakutan bahwa saldo tabungan tetap terkuras. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan jika sampai mengalami hal ini? Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasinya.

Jangan Panik Jika Melakukan Tarik Tunai Tapi Uang Tidak Keluar

Tak hanya dengan mengambil uang di bank, dalam realitanya kini kebanyakan orang mengambilnya di ATM. Hal ini disebabkan oleh ATM atau Anjungan Tunai Mandiri yang lebih mudah ditemukan. Anda juga tidak perlu kerepotan menggunakan buku tabungan untuk menarik uang. Cukup dengan kartu ATM dan PIN, Anda bisa melakukannya. Bahkan, Anda juga bisa melakukan keperluan lain seperti transfer.

Hanya, sebagaimana peralatan buatan manusia lainnya, terkadang mesin ATM melakukan kesalahan. Bisa jadi jumlah uang yang tersedia di ATM juga sudah habis. Hal ini membuat Anda mengalami masalah tarik tunai tapi uang tidak keluar. Selain itu, terkadang mesin ATM tiba-tiba saja error sehingga uang pun tidak bisa ditarik.

Satu hal yang pasti, Anda tidak boleh panik saat melakukannya. Segeralah melakukan pengecekan saldo lewat SMS banking atau internet banking. Jika perlu, Anda bisa mencari kantor cabang bank terdekat atau menelepon Call Center untuk melaporkannya.

Langkah Mengatasi Masalah Tarik Tunai Tapi Uang Tidak Keluar

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika mengalami masalah tarik tunai tapi uang tidak keluar. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Tunggu di ATM untuk Sementara Waktu

Meski kamu merasa was-was dan panik karena uang tak kunjung keluar dari ATM, cobalah tunggu beberapa saat. Bisa jadi mesin ATM membutuhkan waktu untuk mengeluarkan uang. Hanya jika sampai sekitar 15 menit uang tidak kunjung keluar, cobalah cek saldo. Jika memang tidak ada yang berkurang, tidak masalah. Namun, jika saldo berkurang, segera laporkan hal ini ke bank.

Kumpulkan Data Sebelum Melaporkan

Siapkan data-data yang perlu Anda laporkan ke bank. Sebagai contoh, cari tahu lokasi ATM yang sedang Anda gunakan. Mesin ATM juga biasanya memiliki nomor identitas. Catatlah nomor tersebut. Kalau kamu akan melaporkannya ke kantor cabang bank, sebaiknya juga menyiapkan hal lainnya. Sebagai contoh, bawalah buku tabungan, kartu ATM, atau foto tempat Anda menggunakan ATM.

Jika semua bukti sudah lengkap, pihak Bank akan mengurus masalah saldo Anda yang berkurang. Dalam beberapa waktu, uang Anda pun akan dikembalikan. Hanya, pastikan bahwa Anda datang saat jam kerja bank masih berlaku. Jika Anda mengalaminya di malam hari, sebaiknya menghubungi Call Center untuk meminta bantuan.

Menunggu Konfirmasi dari Bank

Setelah pelaporan dilakukan, biasanya pihak bank akan memprosesnya. Hanya, proses ini membutuhkan waktu. Bisa jadi Anda akan mendapatkan uang kembali dalam waktu beberapa hari. Hanya, ada juga yang membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 21 hari kerja. Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak bank. Jika Anda khawatir atau ingin tahu kelanjutan prosesnya, bisa meminta informasi ke CS terkait dengan hal ini.

Selain mengetahui cara melaporkan kasus tarik tunai tapi uang tidak keluar, sebaiknya Anda juga waspada saat transfer uang. Jika ingin mentransfer ke rekening orang lain karena kebutuhan belanja online, misalnya, jangan sembarangan. Cek dulu nomor rekening tujuan di sini untuk memastikannya bukan penipu.

Sudah pernah mengalami kasus tarik tunai tapi uang tidak keluar, belum? Berikan pengalaman Anda di kolom komentar, ya?Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Tips Lupa Pin ATM.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124