Teknik Pemasaran Whatsapp

Teknik Pemasaran Whatsapp, Apa Saja Ya?

Teknik pemasaran Whatsapp harus Anda ketahui jika Anda sudah memulai bisnis. Apalagi jika bisnis Anda dilakukan secara online. Jika Anda mampu melakukannya dengan baik, maka jualan Anda bisa semakin menguntungkan. Lantas, seperti apa ya teknik pemasaran Whatsapp yang baik?

Mengenal Peran Whatsapp bagi Bisnis

Tak hanya untuk keperluan berkirim pesan, realitanya Whatsapp bisa memberikan manfaat besar bagi bisnis Anda. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  • Whatsapp bisa mendekatkan Anda dengan pelanggan. Hampir semua orang kini menggunakan Whatsapp untuk berkirim pesan. Anda pun bisa memberikan informasi terkini terkait dengan produk jualan Anda. Hal ini membuat Whatsapp bisa dijadikan media promosi paling efektif, bukan?
  • Whatsapp memungkinkan Anda melakukan pemasaran dengan lebih mudah. Sebagai contoh, Anda bahkan bisa membuat grup dengan anggota yang cukup banyak. Sekali Anda memberikan informasi, banyak orang langsung mengetahuinya. Biaya promosi tentu sangat murah, bukan?
  • Whatsapp bisa memberikan informasi lokasi Anda dan pelanggan. Hal ini tentu memudahkan pengiriman barang dengan maksimal dan lebih efektif, bukan?

Mengenal Teknik Pemasaran Whatsapp

Terdapat beberapa teknik pemasaran Whatsapp yang bisa Anda terapkan. Berikut adalah berbagai teknik-teknik tersebut.

Pastikan Untuk Melakukan Interaksi Terlebih Dahulu di Grup Whatsapp

Jangan langsung melakukan promosi di grup, meskipun Anda mengenal anggotanya. Lakukan interaksi terlebih dahulu dengan para anggota. Jadikan Anda anggota grup yang aktif dan akrab dengan semua anggota. Setelah itu, Anda bisa melakukan promosi dengan nyaman.

Hanya, pastikan promosi jualan tidak dilakukan terlalu sering. Berikan promosi seperti pemberian informasi sesekali saja. Hal ini akan membuat Anda tidak menjadi spammer grup Whatsapp.

Meminta Calon Konsumen Menyimpan Nomor Whatsapp Milik Anda

Setelah melakukan interaksi dengan calon konsumen, mintalah mereka menyimpan nomor Anda. Meski terlihat sepele, hal ini bisa memberikan pengaruh besar bagi bisnis, lho. Anda bisa memberikan promosi dengan efektif. Calon konsumen juga bisa dengan mudah mencari atau bertanya pada Anda saat membutuhkan.

Perhatikan Jadwal Promosi Tidak Terlalu Sering

Memberikan informasi promosi via Whatsapp memang penting untuk dilakukan. Hanya, sebaiknya Anda tidak melakukannya terlalu sering. Bisa jadi nomor Anda akan dihapus atau diblok jika terlalu sering.

Alih-alih hanya memberikan informasi jualan, berikan informasi yang menarik saja. Informasi ini terkait dengan produk jualan Anda. Selain itu, lakukan seminggu sekali saja dan bisa dilanjutkan dengan promosi produk apa yang Anda jual.

Lebih Cermat Memberikan Informasi Produk

Perhatikan judul dan isi dari produksi jualan Anda. Jika Anda kesulitan membuat judul atau kalimat promosi barang, tentu tak ada pelanggan yang tertarik. Calon konsumen juga tidak akan mengerti produk atau promosi barang Anda.

Jika perlu, Anda bisa membaca tentang teknik copywriting yang baik. Anda juga bisa mencari tahu bagaimana cara membuat promo yang menarik namun tidak mengganggu orang lain.

Perhatikan Foto Profil Whatsapp

Meski terlihat sepele, foto profil bisa mempengaruhi jualan Anda. Jangan biarkan foto profil kosong. Anda bisa memakai logo atau foto produk yang Anda jual.

Selain foto, Anda juga harus memperhatikan status Whatsapp. Tak ada salahnya memasang produk atau promosi di status Anda.

Tak hanya memperhatikan teknik pemasaran via Whatsapp, perhatikan juga jika Anda akan mengirim uang. Jika tak mengenal nomor rekening penerima, cek dulu di sini. Hal ini bisa membantu mencegah Anda menjadi korban penipuan.

Ada trik lain untuk memasarkan barang lewat Whatsapp, tidak? Bagikan di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Pengertian Whatsapp Marketing

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124