Tips Aman Belanja d Ebay

Tips Aman Belanja di Ebay

Tips aman belanja di Ebay harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan. Anda juga harus mengetahuinya demi mencegah terjadinya penipuan. Meski sistem keamanannya sudah sangat baik, penipuan sangat mungkin terjadi. Lantas, seperti apa sih tips aman belanja di Ebay yang sebaiknya kita perhatikan?

Berbagai Tips Aman Belanja di Ebay

Terdapat beberapa tips aman belanja di Ebay yang tidak ada salahnya kita ketahui. Hal ini akan membuat Anda bisa berbelanja dengan lebih aman dan nyaman. Berikut adalah tips-tips tersebut.

1. Lebih Cermat Saat Mencari Barang

Salah satu kemudahan yang bisa Anda dapatkan di Ebay adalah dalam hal memilih barang. Hal ini disebabkan oleh pelapak di Ebay yang berasal dari berbagai negara. Hal ini berarti, hampir semua jenis barang bisa Anda cari, meskipun bisa jadi penjualnya dari negara yang sangat jauh. Masalahnya adalah, banyaknya pilihan barang membuat Anda harus lebih teliti.

Beberapa negara memiliki hukum hak cipta yang lemah. Hal ini membuat barang-barang yang dijual di negara tersebut belum tentu bisa dipastikan keasliannya. Sebagai contoh, di Tiongkok, Anda bisa dengan mudah menemukan barang reject atau barang KW. Harganya bisa jadi lebih murah, namun kualitasnya bisa jadi lebih rendah. Jika Anda membelinya, bisa jadi tidak akan puas.

2. Selalu Cek Rating Penjual

Sebenarnya, sistem rating penjual ini juga diberlakukan di hampir semua e-commerce. Anda bisa mengecek rating atau bintang dari penjual. Semakin baik ratingnya, semakin bisa dipercaya sang penjual. Selain itu, penjual juga biasanya menjual barang-barang yang berkualitas atau berharga kompetitif.

Anda sangat disarankan untuk memilih penjual yang memiliki reputasi Top Seller. Anda bisa mengecek seberapa bagus feedback dari para pembeli sebelumnya. Jika ada komentar terkait penjualannya, juga bisa Anda cek.

3. Pastikan Barang Bisa Dikirim ke Negara Tempat Kita Tinggal

Meski Anda bisa membeli berbagai macam barang, ada kelemahan dari Ebay. Bisa jadi barang-barang ini tidak bisa dikirim ke negara tempat Anda tinggal. Sebagai contoh, hal ini disebabkan oleh penjual yang kesulitan untuk mengirim barang ke Indonesia. Selain itu, bisa jadi negara asal tidak menyediakan distribusi barang ke negara kita. Meski kita sudah membeli, barang tidak akan pernah sampai.

4. Selalu Cek Metode Pembayaran dan Metode Pengiriman dengan Cermat

Sebelum memutuskan untuk membeli atau membayar, sebaiknya Anda mengecek dulu metode pembayaran. Setiap penjual bisa menetapkan metode pembayaran. Pilih yang bisa Anda gunakan. Sebagai contoh, jika Anda hanya bisa memakai Paypal, carilah penjual yang menyediakannya.

Selain itu, Anda juga harus cermat dalam memilih cara pengiriman. Jika Anda tidak begitu membutuhkan barang dengan cepat, bisa memilih free shipping. Meski barang baru bisa datang dalam waktu yang sangat lama, Anda tidak akan dikenakan biaya besar.

5. Pantau Pengiriman Barang

Barang yang dibeli di Ebay bisa datang dalam waktu kurang dari satu bulan. Hanya, jika barang dikirim lewat metode pengiriman murah atau gratis, bisa lebih lama. Satu hal yang pasti, selalu cek barang tersebut saat dikirim.

Ebay biasanya sudah menyediakan bagian untuk memantau pengiriman barang. Rajin-rajinlah mengeceknya. Anda bisa mengetahui barang sudah sampai di mana. Jika ada kendala atau masalah, Anda pun bisa dengan cepat mengatasinya.

Sebelum mengirim uang ke rekening orang lain setelah belanja online, cek dulu di sini, ya? Di situs ini, Anda bisa memastikan apakah rekening tersebut penipu atau tidak.

Kalau menurut Anda, sistem keamanan di Ebay apakah sudah bisa membuat Anda tenang berbelanja? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Fakta Tentang Ebay.

One comment

Comments are closed.