Tips Aman Dompet Digital

Tips Aman Bertransaksi dengan Dompet Digital

Tips aman bertransaksi dengan dompet digital harus Anda perhatikan jika sering memakainya. Hal ini dimaksudkan demi mencegah terjadinya kasus penipuan. Anda pun tidak akan mudah menjadi korban hilangnya saldo pada dompet digital tersebut.

Pengguna Dompet Digital di Indonesia Semakin Banyak

Belakangan ini, masyarakat Indonesia memang semakin sering menggunakan transaksi non-tunai alias cashless. Data yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia bahkan menyebut sudah ada 22 jenis dompet digital resmi. Nilai transaksinya pun sangat fantastis, yakni lebih dari 1,5 miliar Dollar AS sepanjang 2018 saja.

Penggunaan dompet digital dengan aplikasi di ponsel dianggap sangat memudahkan. Cukup dengan menggunakan aplikasi, Anda bisa membeli atau melakukan transaksi apa saja. Transaksi ini juga bisa dilakukan di mana saja, kapan saja.

Tips Aman Bertransaksi dengan Dompet Digital Demi Mencegah Penipuan

Kebanyakan pengguna dompet digital sudah memakai pengaman pada dompet digitalnya. Sebagai contoh, mereka memakai password dan one time password (OTP) agar bisa login atau melakukan transaksi. Hanya, kedua hal ini ternyata tidak cukup. Anda harus memperhatikan hal ini agar tidak mudah menjadi korban penipuan.

Berikut adalah tips aman bertransaksi dengan dompet digital.

Pastikan Password Cukup Kuat dan Aman

Hal pertama yang harus Anda pastikan untuk mengamankan dompet digital adalah memperkuat password. Pastikan bahwa password Anda tidak mudah ditebak seperti tanggal ulang tahun. Selain itu, jangan samakan password dengan yang dipakai di media sosial atau e-mail.

Jangan sembarangan menyimpan password di laptop atau ponsel Anda. Bisa jadi ada orang-orang yang cukup cerdas menyedot data pribadi dari ponsel dan akhirnya mengetahui password tersebut. Orang tersebut tentu memiliki kesempatan untuk menyedot saldo dompet digital Anda, bukan?

Selalu Kunci Aplikasi

Memastikan bahwa password dompet digital sudah kuat dan berbeda ternyata masih belum cukup. Anda sebaiknya juga memastikan bahwa aplikasi dompet digital dikunci. Memang, setiap kali anda keluar dari aplikasi, akan otomatis logout. Namun, bisa jadi ada celah di antara waktu sebelum sistem logout otomatis yang digunakan penipu.

Pastikan bahwa Anda melakukan logout usai melakukan transaksi. Hal ini bisa mencegah munculnya transaksi lain yang tidak diinginkan. Jika Anda juga menerapkan kunci aplikasi, juga bisa mencegah hal ini terjadi.

Memakai Anti Virus

Gunakan anti virus atau semacam anti-malware di laptop atau ponsel yang memiliki aplikasi dompet digital. Anda juga bisa memasang anti-spyware. Berbagai hal ini bisa membantu mencegah aksi orang jahat yang akan mencuri saldo dompet digital Anda.

Mengingat yang Harus Dilakukan dan yang Tidak Boleh Dilakukan

Sebaiknya password dompet digital adalah kombinasi angka, huruf, dan karakter. Jangan menggunakan tanggal ulang tahun, alamat rumah, atau nomor ponsel sebagai password. Hal ini dikarenakan jika Anda kena rampok/jambret, lalu ponsel serta dompet Anda yang berisi KTP tersebut dapat digunakan untuk membuka akun dompet digital Anda.Selalu cek transaksi setelah melakukannya atau setidaknya secara teratur.

Anda juga sebaiknya tidak memakai Wi-Fi umum saat menggunakan dompet digital. Bisa jadi Wi-Fi publik ini sudah disusupi orang yang ingin melakukan pembobolan saldo.

Jangan mudah asal mengunduh file atau aplikasi dari pesan atau e-mail yang tidak bisa dipercaya. Bisa jadi hal ini adalah aksi penyedotan data pribadi Anda yang tentu akan sangat berbahaya.

Selain memperhatikan berbagai hal di atas, pastikan untuk selalu mengecek rekening di sini. Lakukan sebelum Anda mentransfer uang ke nomor rekening tujuan. Hal ini penting demi mencegah terjadinya aksi penipuan.

Jenis dompet digital apa yang Anda pakai sekarang? Beritahukan di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Solusi Untuk Anda yang Salah Transfer Uang.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124