Tips Aman Bertransaksi via OVO

Tips Aman Bertransaksi Via OVO

Tips aman bertransaksi via OVO harus Anda perhatikan, apalagi jika Anda sering memakainya. Sebagai informasi, OVO adalah semacam dompet digital yang memudahkan Anda. Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi lewat dompet digital ini dimanapun, kapanpun.

Kelebihan Menggunakan Dompet Elektronik Seperti OVO

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, menggunakan dompet elektronik menyediakan banyak sekali kemudahan. Memakai OVO, Anda akan mendapatkan lebih banyak hal positif jika dibandingkan bertansaksi dengan uang fisik.

Selain bisa membeli berbagai macam hal tanpa harus sering keluar rumah. Anda juga tidak akan lagi pusing dengan kembalian. Setiap kali Anda membayar sesuatu, hanya tinggal memotong saldo yang ada di dalam dompet elektronik tersebut.

Berbagai Tips Aman Bertransaksi via OVO

Meski transaksi dengan OVO sangatlah mudah dilakukan, sebaiknya Anda tetap cermat dalam menggunakannya. Hal ini ditujukan agar Anda tidak menjadi korban penipuan.

Berikut adalah berbagai tips aman bertransaksi dengan menggunakan OVO.

Sebaiknya Saldo OVO Tidak Terlalu Besar

Ada banyak sekali jenis transaksi yang bisa kamu lakukan dengan OVO. Anda bisa saja membeli makanan atau minuman, membayar ojek online, berbelanja online, atau sekadar membayar pulsa. Meski begitu, bukan berarti kamu harus menyimpan saldo OVO dalam jumlah yang besar.

Ada baiknya Anda menyimpan saldo OVO secukupnya saja. Hal ini dilakukan demi berjaga-jaga. Jika sampai ada masalah dengan OVO atau sampai mengalami kasus pencurian saldo, maka Anda tidak akan kehilangan terlalu banyak. Selain itu, dengan saldo yang tidak terlalu banyak, Anda pun tidak akan mudah melakukan pemborosan.

Jangan Berikan Kode OTP ke Siapapun

One Time Password alias OTP adalah kata sandi yang terdiri dari empat atau enam digit angka. Kode ini hanya berlaku dalam waktu yang terbatas dan akan diberitahukan lewat SMS. Kode ini muncul saat Anda akan melakukan transaksi tertentu.

Jangan pernah memberitahukan kode ini kepada siapapun. Apalagi ke orang yang tidak Anda kenal. Meski ada iming-iming hadiah, jangan pernah beritahukan kode OTP demi mencegah terjadinya penipuan atau pencurian saldo OVO.

Rutin Mengecek Saldo

Meski terkesan sepele, rutin mengecek saldo OVO ternyata juga bisa membantu mencegah terjadinya penipuan, lho. Pastikan untuk selalu mengeceknya setelah melakukan transaksi. Pengecekan ini mirip dengan saat kamu memastikan uang kembalian genap setelah membayar.

Jika kamu menemukan ada yang tidak tepat pada saldo OVO, bisa segera melaporkan hal ini. Hubungi Call Center OVO untuk memastikan ada masalah atau tidak. Jika memang ada kasus penyedotan saldo dari orang lain, tentu akan segera bisa diatasi.

Rutin Mengecek Riwayat Transaksi

Tak hanya saldo, Anda juga sebaiknya rutin mengecek riwayat transaksi. Riwayat ini pasti akan muncul setelah Anda melakukannya. Jika ada transaksi yang tidak wajar atau tidak Anda lakukan, bisa dilaporkan ke Call Center OVO. Hal ini tentu bisa mengatasi masalah sekaligus mencegah penipuan berulang kembali.

Selalu Memakai Password yang Aman

Tak hanya OTP, Anda juga harus cermat dalam menggunakan password atau kata sandi. Pilihlah yang kuat dan tidak mudah ditebak orang lain. Hal ini bisa menjamin keamanan dompet elektronik OVO sekaligus mencegah penyedotan saldo.

Sebelum melakukan transaksi dengan OVO, pastikan untuk mengecek nomor rekening tujuan di sini. Hal ini bisa mencegah terjadinya penipuan.

Apakah Anda terbiasa memakai dompet elektronik seperti OVO? Merasakan banyak manfaatnya atau justru khawatir mengalami penipuan, nih? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Tips Aman Menggunakan Internet Banking.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124