Tips Aman dari Phising

Tips Aman dari Phising

Tips aman dari phising harus Anda ketahui agar tidak ikut-ikutan menjadi korban. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kejahatan siber ini dalam menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Lantas, apa sajakah tips aman dari phising yang sebaiknya Anda ketahui?

Mengenal Cara Kerja Phising

Dari miliaran email yang dikirim setiap hari, satu dari 2.000 email diketahui adalah phising. Selain lewat email, phising juga bisa dikirim lewat pesan teks atau Whatsapp. Satu hal yang pasti, jika tautan dari pesan teks atau email ini diklik, bisa menyedot data pribadi yang berharga.

Masalahnya adalah tidak semua orang memiliki waktu untuk benar-benar mengecek pesan teks atau email. Hal ini membuat mereka mudah terkecoh. Apalagi jika di pesan atau email ini ada iming-iming hadiah yang menggiurkan.

Selain dengan mengklik tautan, bisa jadi korban akan diminta untuk memasukkan data berharga. Sebagai contoh, mereka harus mengisi nama, tanggal lahir, nama ibu, alamat, dan lain-lain. Masalahnya adalah data-data ini bisa dipakai untuk penyalahgunaan kartu kredit. Bahkan, rekening tabungan bisa dikuras akibat hal ini.

Mengenal Ciri Phising

Sebelum jauh membahas tentang tips aman dari phising, Anda sebaiknya memahami dulu ciri dari phising. Berikut adalah ciri-ciri tersebut.

  • Tampilan situs yang diteruskan dari tautan cenderung mirip dengan yang asli. Hal ini bisa mengecoh korban. Pastikan untuk mengecek alamat situs tersebut. Karena ditujukan untuk kebutuhan phising, tentu terlihat mencurigakan. Nama alamatnya terlihat seperti typo alias salah. Sebagai contoh, klikbca.com jadi klikkbca.com. Mirip, tapi sudah sangat berbeda.
  • Di pesan atau email, alamatnya biasanya tidak ditulis lengkap, namun ditulis dengan URL singkat. Hal ini membuat URL asli tidak terlihat sehingga tidak bisa dicurigai secara langsung. Jika kita penasaran dan asal mengkliknya, bisa jadi akan membuat data kita dicuri.
  • Situs web phising biasanya tidak dilengkapi HTTPS karena tidak memakai sertifikat SSL.
  • Jika Anda diminta untuk login, seringkali login akan berkali-kali gagal. Padahal, Anda sudah memasukkan alamat email, username, atau password dengan benar. Hal ini disebabkan oleh sistem sudah merekam data pribadi Anda.

Berbagai Tips Aman dari Phising

Berikut beberapa tips agar Anda aman dari aksi phising.

  • Pastikan untuk rutin mengecek akun. Jika perlu, sering-seringlah mengganti password agar tidak mudah ditebak atau diketahui orang lain.
  • Gunakan bookmark untuk situs-situs yang memakai halaman login. Hal ini bisa membuat Anda tidak mudah terkecoh dengan situs yang mirip namun berbahaya.
  • Jangan mudah tertarik untuk mengklik tautan apapun lewat pesan SMS ataupun Whatsapp.
  • Jangan sembarangan mengklik tautan lewat email.
  • Selalu cek ejaan alamat situs atau URL jika ada permintaan untuk membuka situs tertentu.
  • Jangan mudah percaya dengan informasi dari orang asing. Apalagi jika ada iming-iming hadiah tertentu.

Selain mencegah terjadinya phising, Anda juga harus mencegah aksi penipuan lainnya. Aksi yang dimaksud adalah transaksi online. Sebelum bertransaksi, sebaiknya cek dulu nomor rekening tujuan di sini demi memastikan penerima bukanlah penipu.

Sudah tahu kan cara agar tidak mudah terkena phising? Apakah Anda memiliki saran lain yang bisa dibagikan di kolom komentar? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Web Phising, Apa Arti dan Jenisnya?

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124