tips aman kartu debit

5 Tips Aman Menggunakan Kartu Debit

Kartu debit bisa membuat kita melakukan transaksi dengan mudah. Sebagai contoh, saat berbelanja, kita tinggal memakai kartu ini untuk membayar tanpa perlu mengeluarkan uang atau menghitungnya. Proses transaksi pun bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Tips Aman Memakai Kartu Debit

Sayangnya, di balik berbagai kemudahan yang bisa kita dapatkan dari menggunakan kartu debit, terdapat risiko dari penggunaannya. Sebagai contoh, banyak orang yang menjadi korban penipuan atau pengurasan tabungan akibat dari penggunaan kartu ini. Karena alasan inilah kita harus benar-benar cermat dalam memakainya.

Berikut adalah beberapa tips aman untuk menggunakan kartu debit.

1. Sering Mengganti PIN

Demi mencegah terjadinya pembobolan kartu debit atau pengurasan tabungan dari orang lain, sebaiknya kita sering mengganti PIN kartu debit. Memang, hal ini akan cukup merepotkan untuk dilakukan, namun hal ini bisa memberikan keamanan lebih bagi kartu debit dan membuat memori kita semakin kuat.

Risiko terkena skimming atau pencurian data kartu debit pun bisa diturunkan. Pakar menyarankan kita untuk rutin mengganti PIN setidaknya sebulan sekali demi keamanan kartu debit.

2. Selalu Cermat Saat Menekan PIN

Jika kita menekan PIN saat melakukan transaksi dengan kartu debit seperti dengan berbelanja di toko, supermarket, atau di mesin ATM, pastikan untuk menutupi tangan sehingga tidak mudah dilihat oleh orang lain. Meski terlihat merepotkan, hal ini sangat diperlukan demi mencegah orang lain mengetahui PIN kita dan melakukan penyalahgunaan kartu debit.

3. Cermat Mengecek Pemberitahuan via SMS

Terkadang, bank mengirimkan informasi terkait dengan kartu debit yang kita miliki via SMS. Pastikan untuk selalu mengeceknya agar mengetahui dengan pasti isi dari informasi pesan tersebut. Jika isi pesan ternyata mencurigakan atau menandakan adanya transaksi yang tidak wajar, kita bisa segera meminta keterangan atau bantuan bank.

4. Jangan Sembarangan Mengisi Data Kartu Debit Secara Daring

Jika Anda rajin belanja online atau daring, sebaiknya tidak sembarangan mengisi data kartu debit di internet karena bisa saja data ini dicuri dan akhirnya membuat isi dari tabungan kita bisa dikuras oleh orang lain.

5. Selalu Simpan Kartu dengan Hati-Hati

Cobalah untuk menyimpan kartu debit di tempat yang berbeda dari uang atau kartu lainnya. Hal ini berarti, kita sebaiknya tidak sembarangan menyimpannya di dalam dompet karena jika sampai dompet hilang, kartu juga akan hilang bersama dengan data-datanya. Risiko untuk kehilangan tabungan tentu akan meningkat. Selain itu, kartu debit yang disimpan sembarangan bisa saja rusak karena diduduki.

Selain lebih cermat dalam menggunakan kartu debit, kita juga harus lebih cermat saat melakukan transaksi, khususnya transaksi online. Cobalah untuk mengecek nomor rekening atau nomor telepon penjual disini agar tidak mudah menjadi korban penipuan.

Apakah Anda memiliki tips sendiri agar aman menggunakan kartu debit tidak? Jangan sungkan untuk berbagi tipsnya di kolom komentar, ya? Terimakasih.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!