Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Berbagai tips aman menggunakan internet banking harus Anda perhatikan agar tidak mudah menjadi korban penipuan. Hal ini disebabkan oleh para penipu yang semakin cerdas mencari peluang untuk mendapatkan korban. Lantas, apa saja sih tips aman menggunakan internet banking?

Beberapa Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Sebenarnya, pihak perbankan sudah melakukan berbagai cara untuk mengamankan internet banking. Sebagai contoh, mereka memakai enkripsi pada situs webnya. Selain itu, pengguna akan log out secara otomatis setelah tidak menggunakan komputer.

Meski begitu, ada baiknya Anda selalu memperhatikan cara aman menggunakan internet banking seperti sebagai berikut.

Mengecek URL

Pastikan bahwa anda selalu mengecek URL dari situs perbankan yang Anda gunakan. Banyak alamat URL yang dibuat semirip mungkin dengan situs aslinya. Jika Anda masuk ke alamat-alamat yang tidak benar tersebut, bisa jadi Anda akan menjadi korban penipuan. Apalagi jika sampai Anda log in dan memasukkan semua data perbankan Anda. Penipu pun akan dengan mudah menyedot dana Anda di dalam tabungan.

Sering Mengganti Password

Meski terlihat sepele, kebiasaan sering mengganti password bisa mengamankan internet banking Anda. Para ahli menyarankan password untuk selalu diganti setiap 45 hingga 60 hari. Pastikan bahwa password ini adalah kombinasi dari huruf abjad dan angka. Password sebaiknya unik dan selalu berbeda-beda untuk setiap akun. Sebagai contoh, jangan samakan akun internet banking dengan password e-mail atau media sosial.

Soal password, Anda sebaiknya menyimpannya sendiri dan tidak memberitahukan ke siapapun. Hal ini demi keamanan akun dan data Anda.

Selalu Menggunakan Gawai atau Komputer Pribadi

Sebenarnya, internet banking memang ditujukan agar Anda bisa memakainya di ponsel atau komputer pribadi. Hanya, masih banyak orang yang sembarangan memakainya di komputer umum seperti warnet. Padahal, hal ini akan membuat data perbankan Anda rentan dicuri oleh penipu.

Jika Anda terpaksa memakai komputer umum, gunakanlah mode penyamaran di browser Anda. Hal ini membuat data Anda tidak akan mudah disimpan. Jika perlu, Anda juga bisa memakai keyboard virtual.

Anda juga lebih disarankan untuk tidak memakai internet banking dengan Wi-Fi umum. Gunakan internet pribadi karena bisa jadi di Wi-Fi umum, data Anda bisa dicuri oleh orang lain.

Sering Memantau Akun

Selalu cek akun di komputer atau gawai Anda. Tak hanya akun perbankan, Anda juga harus mengecek akun e-mail. Jika terlihat ada hal-hal yang mencurigakan, khususnya dalam hal log in, hubungi pihak bank.

Anda sangatlah disarankan untuk menyetel pemberitahuan via SMS di ponsel. Setiap kali ada aktivitas di akun Anda, bisa segera mengeceknya. Hal ini tentu bisa mencegah terjadinya penipuan.

Waspada E-mail Tidak Jelas

Waspadalah dengan e-mail yang tidak jelas. Apalagi yang meminta Anda untuk meng-klik tautan tertentu yang mencurigakan. Bisa jadi hal ini adalah cara untuk mencuri data pribadi Anda atau phishing. Segera blok pengirim e-mail yang mencurigakan tersebut.

Pasang Keamanan di Gawai

Terdapat banyak sekali program keamanan yang bisa dipakai di gawai atau komputer Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memasang anti virus. Hal ini bisa membuat gawai Anda aman dari berbagai cara pencurian data yang mencurigakan.

Selain menerapkan hal tersebut, Anda juga harus lebih berhati-hati saat melakukan transfer. Sebelum mengirim uang, cek dulu nomor rekening di sini. Hal ini demi memastikan bahwa penerima bukanlah penipu.

Kalau menurut Anda, cara apa yang sebaiknya dilakukan agar penggunaan internet banking bisa dilakukan dengan aman? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Tips Aman Bertransaksi Via OVO.

One comment

Comments are closed.