tips aman kartu kredit

Tips Aman Bertransaksi Memakai Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit membuat Anda tak perlu pergi ke bank atau menggunakan uang tunai hanya demi membeli sebuah barang yang diperlukan secara mendesak. Masalahnya adalah, penggunaan kartu kredit juga memiliki risiko tersendiri.

Telah banyak kasus penipuan yang dialami oleh pengguna kartu kredit. Tak tanggung-tanggung, kerugian yang didapat korban bisa mencapai jutaan rupiah. Karena alasan inilah kita harus benar-benar cermat menggunakannya agar tidak sampai menjadi korban penipuan.

Tips agar Transaksi dengan Kartu Kredit Aman dari Penipuan

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda cermati agar bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit agar aman dari penipuan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Anggap Kartu Kredit sebagai Barang Berharga

Memang, kartu kredit bukan barang berharga sebagaimana perhiasan atau surat berharga lainnya, namun kita harus memperlakukannya sebagaimana barang-barang tersebut. Jangan sembarangan menyimpannya karena jika sampai hilang, bisa saja disalahgunakan orang lain. Selain itu, jangan sembarangan membiarkan orang lain menggunakannya.

2. Selalu Pastikan Transaksi Dilakukan di Situs yang Aman dan Terpercaya

Kini, berbelanja secara online adalah hal yang jamak dilakukan siapa saja. Untuk menyelesaikan transaksinya, kita juga bisa memakai kartu kredit. Hanya, pastikan bahwa situs tempat kita melakukan transaksi ini adalah yang aman dan terpercaya. Jika situs ini ternyata abal-abal atau memiliki keamanan yang lemah, bisa jadi data kartu kredit kita akan diambil dan akhirnya disalahgunakan.

3. Berhati-hati saat Sedang Liburan atau Bepergian

Jika kita sembarangan memakai kartu kredit saat bepergian atau liburan, bisa jadi data kartu kredit akan diambil orang lain dan membuat tagihan kartu “membengkak”. Selalu gunakan di tempat yang bisa dipastikan aman dan terpercaya.

4. Jangan Sembarangan Memakai Wi-Fi Gratis

Jika kita sering melakukan transaksi online yang menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, sebaiknya tidak menggunakan Wi-Fi gratis secara sembarangan. Bisa jadi Wi-Fi ini sudah disusupi oleh orang-orang yang memang berniat untuk mencuri data, termasuk data kartu kredit dengan menggunakan semacam malware.

5. Nomor Kartu Kredit Tidak Disimpan di Ponsel atau Komputer

Laptop atau ponsel pribadi memang bisa dijadikan tempat untuk menyimpan data nomor kartu kredit atau PIN yang aman, namun jika ponsel atau laptop ini sering dipakai orang lain, bisa jadi data ini akan diambil dan akhirnya kartu kredit kita akan mudah untuk disalahgunakan.

Pastikan untuk menyimpan data ini di tempat lain yang lebih aman dan tidak mudah diakses orang lain.

6. Cermat Mengecek E-mail atau Pesan Palsu

Banyak orang yang tertipu oleh e-mail atau pesan palsu sehingga membuat data pribadi, termasuk data kartu kredit bisa dibuka oleh orang lain. Pastikan untuk tidak sembarangan mempercayai email atau pesan yang meminta empat digit terakhir nomor kartu kredit atau nomor lainnya demi mencegah penipuan kartu kredit.

Agar tidak sampai menjadi korban penipuan, pastikan untuk selalu mengecek nomor rekening dan toko online disini terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat kita bisa melakukan transaksi online dengan aman dan nyaman.

Kalau Anda memiliki pengalaman tentang penggunaan kartu kredit, jangan ragu untuk membaginya di kolom komentar di bawah ini, ya? Terimakasih.