Tips Menggeluti Bitcoin untuk Pemula

Tips Bagi Pengguna Bitcoin Pemula

Pengguna Bitcoin pemula biasanya hanya membayangkan banyak sekali keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Padahal, yang namanya investasi, ada risiko yang membayangi. Jika kurang pengetahuan, bisa jadi investasi hanya berujung pada kerugian. Masalahnya adalah, kerugian memakai Bitcoin bisa sangat banyak, lho.

Tips Investasi Bagi Pengguna Bitcoin Pemula

Tips Bagi Pengguna Bitcoin Pemula

Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan oleh pengguna Bitcoin pemula. Tak hanya trik untuk mendapatkan keuntungan, juga harus mengetahui cara agar melindungi invesasinya.

Berikut adalah tips-tips tersebut.

1. Lakukan Riset Sebelum Terjun Ke Dunia Bitcoin

Bitcoin dan mata uang virtual lainnya sudah ada selama bertahun-tahun. Hal ini berarti, tentu sudah ada penelitian, studi, atau kajian tentangnya. Pelajarilah berbagai hal tersebut dengan baik. Tujuannya? Agar anda siap untuk melakukan berbagai hal sebelum melakukan investasi.

Sebagai contoh, Anda bisa mempelajari bagaimana sistem Bitcoin bekerja. Pelajari pula bagaimana risiko dari investasi ini. Anda juga harus mempelajari cara memprediksi kemungkinan perubahan nilai Bitcoin.

Selain dengan mencari informasi di internet, Anda juga bisa meminta saran orang yang sudah berpengalaman. Mereka biasanya mau memberikan tips tentang menggunakan Bitcoin dengan baik.

2. Jangan Sembarangan Menghabiskan Uang

Karena tergiur dengan potensi keuntungan, banyak orang yang gegabah berinvestasi di Bitcoin. Mereka menghabiskan uangnya karena berpikir nilainya akan naik dengan drastis. Padahal, tidak seperti itu cara mainnya.

Nilai Bitcoin bisa saja berubah hanya dalam hitungan jam atau hari. Masalahnya, nilai ini tak selalu naik. Seringkali, nilainya juga bisa jatuh dengan drastis. Melihat risiko ini, jangan habiskan semua uang atau tabungan untuk membelinya.

Belilah Bitcoin sedikit demi sedikit dan penuh perhitungan. Selalu pantau dengan baik pergerakan harga agar bisa mendapatkan keuntungan.

3. Jangan Gantungkan Semua pada Bitcoin

Jika Anda sudah terjun di dunia mata uang virtual, jangan tanggung-tanggung. Jangan hanya mengandalkan semua di Bitcoin saja. Sebagai contoh, anda bisa melakukan investasi lain di Ripple, Ether, atau Litecoin. Tujuan dari melakukan hal ini adalah agar ada keseimbangan saat terjadi fluktuasi tertentu.

Sebagai contoh, jika nilai Bitcoin turun, ada nilai mata uang virtual lain yang naik. Begitu pula sebaliknya.Anda pun tidak akan mudah mengalami kerugian.

Meski begitu, pastikan untuk mempelajari mata uang lain dengan teliti. Jika Anda bisa mengendalikan investasi ini, tentu keuntungan akan lebih mudah menghampiri.

4. Selalu Cek Perkembangan Harga

Sifat nilai Bitcoin sangatlah fluktuatif. Hal ini berarti, Anda harus benar-benar cermat dalam mengikuti perkembangan harganya. Selalu cek nilainya secara berkala. Selain itu, sebaiknya Anda juga membuat strategi pembelian atau melepas Bitcoin di waktu yang tepat. Jika hal ini dilakukan dengan tepat, akan memberikan keuntungan.

5. Berikan Perlindungan pada Bitcoin Anda

Jangan salah, Bitcoin ternyata bisa dicuri atau dibobol, lho! Ada beberapa orang yang melakukan peretasan data pengguna Bitcoin. Tujuannya, agar bisa menarik Bitcoin dan mendapatkan keuntungan! Karena alasan inilah, jangan sembarangan melakukan transaksi Bitcoin. Contohnya, hati-hati saat memakai komputer atau gawai orang lain. Memakai Wi-Fi sembarangan juga bisa memberikan risiko tersendiri.

Selain itu, jangan mudah percaya jika ada email atau SMS yang mengirimkan tautan mencurigakan di Bitcoin. Bisa jadi hal ini adalah peretasan akun Bitcoin yang berbahaya.

Pastikan pula untuk tidak sembarangan percaya dengan orang yang menawarkan investasi Bitcoin. Bisa jadi, mereka adalah penipu. Cek dulu nomor rekeningnya di sini untuk memastikan apakah aman atau tidak.

Anda punya tips lain bagi pengguna Bitcoin pemula? Berikan tipsnya di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Ciri-ciri Penipuan Online.