Tips Investasi Emas

Tips Investasi Emas bagi Pemula

Tips investasi emas harus Anda pahami. Apalagi jika Anda sebelumnya belum pernah terjun di bidang ini. Meski dikenal sebagai salah satu investasi paling menguntungkan, tetap saja Anda harus cermat dan waspada. Lantas, sebenarnya apa saja sih tips investasi emas bagi pemula?

Investasi Emas Bisa Memberikan Keuntungan

Emas tak hanya bisa dijadikan perhiasan. Dalam realitanya, emas juga bisa dijadikan investasi yang menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh harganya yang cenderung stabil. Bahkan, seringkali harganya cenderung mudah naik. Selain itu, emas juga cenderung bersifat liquid atau mudah untuk dicairkan sewaktu-waktu.

Pembelian emas juga sangat mudah untuk dilakukan. Jika Anda ingin berinvestasi dalam bentuk perhiasan, tinggal membelinya di toko perhiasan. Kalau Anda ingin membeli emas batangan, bisa membelinya di PT Antam atau di Pegadaian. Bahkan, kini ada semacam investasi emas di dunia maya. Anda tidak perlu membelinya dalam bentuk fisik. Investasi ini juga disediakan di akun-akun dompet digital atau belanja online.

Satu hal yang pasti, kalau Anda memilih untuk berinvestasi dengan emas batangan, harus mengecek fisiknya. Pastikan wujudnya mulus dan berkualitas. Jika sampai ada perubahan meski kecil, bisa jadi hal ini akan membuat harganya turun.

Berbagai Tips Investasi Emas bagi Pemula

Sebelum benar-benar terjun di dunia investasi emas, sebaiknya Anda memperhatikan berbagai tips berikut ini.

1. Rencanakan dengan Baik

Meski secara umum menguntungkan dan mudah untuk dilakukan, rencanakan investasi dengan baik. Sebagai contoh, Anda harus mengetahui rentang waktu berinvestasi dan memastikan tujuannya. Jika Anda hanya mengikuti tren saja, bisa jadi akan merugi saat Anda menjualnya.

2. Selalu Rutin Mengecek Harga Emas

Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dengan emas, pastikan untuk rutin mengeceknya. Anda harus memantau harga dari logam mulia ini, khususnya di pasar global. Ini penting karena harganya cukup fluktuatif. Anda pun bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk membeli emas atau menjualnya.

Jika Anda menggunakan petunjuk dari pegadaian, biasanya pembelian emas paling baik dilakukan pada April hingga Juni. Di antara bulan tersebut, harga emas biasanya menurun. Sebaliknya, Anda sangat tidak disarankan untuk membeli emas di bulan November atau Desember karena harganya cenderung naik.

3. Sadar Diri dengan Kemampuan Finansial

Jangan sembarangan melakukan investasi jika kemampuan finansial belum memadai. Jika memang kondisi finansial terbatas, jangan sembarangan membeli emas dalam jumlah banyak.

Sebagai contoh, di Pegadaian, Anda bisa berinvestasi emas dengan cara mencicil Rp 50 ribu per bulan. Di beberapa aplikasi belanja online, Anda bahkan bisa menabung emas dengan jumlah uang yang sangat kecil. Sedikit demi sedikit, uang ini akan terkumpul dan bisa dipakai untuk menabung emas.

4. Menyediakan Tempat Penyimpanan Emas

Jika Anda membeli emas batangan atau perhiasan, pastikan untuk menyiapkan tempat penyimpanannya dulu. Sebagai contoh, Anda bisa membeli brankas atau kotak perhiasan khusus. Selain itu, tempatkan brankas di tempat yang aman dan tidak mudah diketahui banyak orang. Hal ini bisa mencegah penipuan.

5. Memilih Jenis Emas

Ada banyak jenis emas yang bisa Anda jadikan investasi. Sebagai contoh, Anda bisa membeli emas batangan atau perhiasan. Bahkan, ada yang sengaja mengincar emas kuno karena menganggapnya lebih berharga. Pelajari satu demi satu jenis emas yang bisa Anda beli. Pilihlah yang sekiranya bisa memberikan keuntungan terbaik bagi Anda.

Selain cermat memilih investasi, Anda juga harus cermat sebelum mengirim uang lewat transaksi perbankan. Sebelum mengirim uang, cek dulu nomor rekening di sini untuk memastikannya bukan penipu.

Kalau menurut Anda, apakah investasi emas cukup menguntungkan untuk dilakukan? Tetap waspada, semog bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Ciri Penipuan Investasi Emas.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124