Tips Marketing Whatsapp

Tips Marketing Whatsapp, Ini yang Harus Anda Ketahui

Tips marketing Whatsapp kini menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui di zaman sekarang. Hal ini disebabkan oleh Whatsapp yang kini menjadi salah satu alat pemasaran yang efektif. Meski fungsi utamanya adalah aplikasi perpesanan, Anda bisa meningkatkan jualan dengan aplikasi ini.

Berbagai Tips Marketing Whatsapp

Berbeda dengan di zaman dahulu, kini Anda bisa melakukan marketing secara daring. Lewat Whatsapp misalnya, Anda bisa mengirim informasi tentang produk atau promo jualan Anda. Hanya, agar efektif, sebaiknya Anda memperhatikan berbagai tips marketing Whatsapp.

Berikut adalah tips-tips tersebut.

Mengatur Pesan Sapaan Otomatis

Jika Anda cermat, di Whatsapp ada fitur Greeting Message. Fungsinya adalah untuk mengatur pesan sapaan otomatis. Hal ini bisa membantu Anda membalas pesan dari calon konsumen meski Anda sedang tak memegang ponsel. Setidaknya, Anda bisa memberikan informasi terkini atau alamat media sosial dan situs Anda.

Anda juga bisa memberikan informasi promo yang sedang Anda berikan. Hal ini tentu akan membuat pelanggan bisa mengetahui tentang apa yang Anda jual. Kemungkinan jualan akan laris-manis tentu akan semakin besar, bukan?

Menjadwalkan Promosi

Meski Anda memiliki cukup banyak grup Whatsapp, bukan berarti Anda bisa sembarangan menjual produk di sana. Jika Anda terlalu sering melakukan promosi jualan, bisa jadi akan membuat calon konsumen malas. Anda bahkan akan dicap sebagai spammer saja.

Cobalah untuk menjadwalkan promosi dengan cermat dan tidak terlalu sering. Sebagai contoh, berikan promosi satu bulan sekali atau dua kali. Jika Anda memberikan promosi secara terjadwal, calon konsumen akan tetap merasa nyaman. Mereka bahkan bisa saja akan lebih memperhatikan apa yang Anda jual.

Membedakan Promosi untuk Setiap Konsumen

Setiap konsumen memiliki karakter yang berbeda-beda. Anda pun sebaiknya memberikan promosi yang berbeda-beda, bukannya sama ke semuanya. Cek seperti apa tanggapan para konsumen setiap kali Anda memberikan promosi. Berikan penanganan khusus pada mereka yang sepertinya kurang tertarik.

Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Jika ada konsumen yang tertarik dengan jualan Anda, segera balas. Selain itu, sebaiknya Anda memberikan penjelasan secara rinci dan jawaban yang memuaskan. Meski terlihat sederhana, hal ini bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Selain itu, Anda juga sebaiknya memberikan after sales service. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan penjelasan atau bantuan jika konsumen mengalami masalah atau ketidaktahuan. Anda juga bisa menanyakan apakah barang yang dibeli sudah diterima konsumen atau tidak. Selain itu, cek juga apakah mereka puas atau tidak. Pertanyaan-pertanyaan sederhana ini bisa membuat konsumen lebih puas dan percaya.

Menanyakan Konsumen Lama

Konsumen yang pernah membeli barang harus Anda sapa kembali. Anda bisa tanyakan tentang kondisi produk yang sebelumnya pernah dibeli. Anda juga bisa memberikan promo khusus pada langganan. Hal in tentu akan membuat konsumen lama percaya dengan Anda. Mereka pun akan terus membeli barang yang Anda jual.

Jadikan Whatsapp Sebagai Tempat Kritik dan Saran

Kritik dan saran konsumen bisa membantu bisnis Anda semakin berkembang. Terimalah kritik dan saran konsumen di Whatsapp dan berikan tanggapan positif. Hal ini akan membuat performa dan pelayanan jualan Anda semakin baik.

Selain memperhatikan trik marketing Whatsapp, Anda juga harus cermat sebelum mengirim uang. Jika penerima tidak Anda kenal, sebaiknya cek dulu di sini nomor rekeningnya. Hal ini bisa membantu Anda mencegah terjadinya penipuan.

Apakah Anda pernah melakukan promosi jualan di Whatsapp? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Teknik Pemasaran dengan Whatsapp.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124