Tips Membeli Properti

Tips Membeli Properti, Pertimbangkan Dulu Sebelum Berinvestasi

Tips membeli properti harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal ini penting demi membuat Anda mendapatkan properti terbaik. Anda juga tidak akan mudah tertipu oleh penipuan atau investasi bodong. Lantas, seperti apa sih tips membeli properti tersebut?

Berbagai Tips Membeli Properti yang Bisa Anda Lakukan

Tanah, rumah, dan properti lainnya sering dianggap sebagai investasi yang menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh harganya yang terus naik. Masalahnya adalah, membelinya harus dilakukan dengan hati-hati. Anda pun sebaiknya menerapkan berbagai tips membeli properti ini sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

1. Perhatikan Lingkungan Properti

Meski properti termasuk dalam investasi yang menguntungkan, bukan berarti Anda bisa sembarangan membelinya. Anda harus cermat mengecek kondisi propeti seperti tanah atau bangunan tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengecek kondisi lingkungan di sekitarnya.

Sebagai contoh, jika Anda membeli tanah, cek dulu kondisi sekitarnya. Jika tanah tersebut adalah tanah gerak atau rentan longsor, tentu akan membahayakan, bukan? Tanah ini juga akan tidak laku dijual di masa depan.

Sementara itu, jika Anda ingin membeli rumah, cek dulu kondisi lingkungannya. Jika ada di daerah rawan banjir atau rawan kriminalitas, tentu sebaiknya tidak dibeli. Selain itu, perhatikan juga apakah lokasinya strategis dan menguntungkan atau tidak.

Sebagian orang juga memperhatikan keberadaan rumah ibadah seperti masjid. Jika ada yang dekat, tentu kebutuhan spiritual untuk datang ke rumah ibadah akan lebih mudah dipenuhi. Anda pun bisa hidup dengan lebih tenang dan bahagia.

2. Perhatikan Pajaknya

Meski terlihat sepele, pajak properti juga harus Anda perhatikan, lho. Hal ini disebabkan oleh besarannya di setiap wilayah yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, Anda membeli rumah di kawasan strategis dengan nilai pajak yang mahal. Jika Anda tidak memiliki penghasilan yang tinggi, hal ini tentu bisa merugikan Anda. Hanya, jika Anda ternyata memiliki bisnis yang bagus di lokasi tersebut, tentu akan bisa memberikan keuntungan tersendiri.

3. Perhatikan Fasilitas di Lingkungan Sekitar Properti

Anda juga bisa memperhatikan fasilitas yang tersedia di lingkungan properti yang Anda bidik. Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli rumah, cek dulu wilayah sekitarnya. Pastikan bahwa Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Sebagai contoh, Anda bisa mencari penjual sayuran atau toko kelontong terdekat.

Selain itu, pastikan di sekitar rumah ada sekolah dengan jarak yang tidak begitu jauh. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dan anak Anda. Cek juga apakah lingkungan cukup aman bagi anak-anak Anda.

Akan jauh lebih baik jika di sekitar rumah ada layanan transportasi umum dan tidak begitu jauh dari jalan raya. Hal ini akan memudahkan mobilisasi Anda kemana-mana. Selain itu, sebaiknya Anda juga memperhatikan layanan kesehatan.

4. Perhatikan Pengembangan Wilayah di Masa Depan

Jika di sekitar wilayah properti ada kabar pembangunan, bisa jadi hal ini baik bagi kondisi properti Anda. Bisa jadi rumah Anda bisa jadikan ladang bisnis terbaru layaknya kontrakan, rumah kos, dan lain-lain.

Hanya, perhatikan juga apakah pengembangan ini bisa memberikan kerugian atau tidak. Sebagai contoh, jika pembangunan justru menghilangkan ruang terbuka hijau, tentu akan merugikan kualitas udara dan kehidupan.

Satu hal yang pasti, jangan mudah tertipu dengan iming-iming keuntungan besar dalam investasi. Sebelum memutuskan untuk menyetor uang untuk investasi misalnya, cek dulu nomor rekeningnya di sini. Hal ini bisa membantu Anda mencegah terjadinya penipuan.

Kalau menurut Anda, ada tidak hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan investasi di bidang properti? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Jenis Investasi Properti.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124