Tips Memilih Investasi Aman di Indonesia

Tips Memilih Investasi Aman di Indonesia

Tips memilih investasi aman harus Anda ketahui mengingat ada banyak kasus penipuan di Indonesia. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan keuntungan. Terlebih, risiko untuk menjadi korban investasi bodong juga bisa ditekan. Lantas, seperti apa sih tips memilih investasi aman di Indonesia tersebut?

Berbagai Tips Memilih Investasi Aman

Melakukan investasi adalah hal yang penting untuk dilakukan demi merencanakan masa depan. Hanya, Anda juga harus cermat dalam memilih jenis investasi yang aman. Berikut adalah tips-tips memilihnya.

1. Investasi dalam Bentuk Uang

Jenis investasi yang paling akrab bagi masyarakat Indonesia adalah investasi uang. Biasanya, hal ini dilakukan di bank berupa tabungan, deposito, atau bahkan reksadana. Mengingat bank sudah dijamin keamanannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi ini pun termasuk sangat aman. Selain itu, sistem investasi di perbankan juga sudah diatur sedemikian rupa sehingga bisa memberikan keuntungan.

Hanya, biasanya investasi dalam bentuk uang di bank ada jangka waktunya. Bisa jadi uang yang Anda investasikan tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Anda pun harus benar-benar cermat sebelum memutuskan terjun di dunia ini.

2. Investasi dalam Bentuk Emas

Selain uang, banyak orang yang melakukan investasi dalam bentuk emas. Emas yang dimaksud juga beragam. Ada yang menyimpan dalam bentuk perhiasan atau emas batangan. Bahkan, ada juga yang menyimpan emas dalam bentuk saham.

Investasi emas cukup menarik untuk kebutuhan jangka panjang. Hal ini disebabkan oleh harganya yang cenderung naik. Selain itu, banyak penyedia investasi emas yang membantu Anda mendapatkan emas dengan harga murah. Cukup menarik, bukan?

3. Investasi dalam Bentuk Saham

Kini, semakin banyak kaum milenial yang tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk saham. Hal ini disebabkan oleh fluktuatifnya harga saham. Asalkan dilakukan dengan cermat dan penuh perhitungan, keuntungan bisa didapatkan. Bahkan, keuntungan ini bisa didapatkan dalam jangka pendek.

Hanya, investasi saham tergolong memiliki risiko yang cukup besar. Jika Anda tidak memperhatikan harganya dengan baik, bisa jadi harga saham jatuh dan membuat Anda mengalami kerugian besar.

4. Investasi dalam Bentuk Aset

Ada banyak sekali jenis aset yang bisa Anda jadikan investasi. Sebagai contoh, jika Anda memiliki aset properti seperti tanah dan murah, sudah masuk investasi. Harganya cenderung terus naik karena peminatnya sangat banyak. Jika Anda menjualnya di masa depan, tentu akan memberikan keuntungan tersendiri.

Selain itu, beberapa jenis properti seperti rumah, apartemen, atau kos-kosan juga bisa disewakan. Hal ini bisa memberikan pendapatkan tambahan yang menarik, bukan?

Hanya, harga properti biasanya cukup mahal. Padahal, tidak semua orang memiliki banyak uang untuk membelinya. Jika Anda memiliki niat untuk menjual, bisa jadi tidak akan mudah laku dengan cepat.

5. Investasi Pendapatan yang Dimiliki

Tidak semua perusahaan melakukannya, namun ada yang menawarkan obligasi. Hal ini berarti, pendapatan yang Anda dapatkan setiap bulan atau tahun bisa langsung Anda jadikan investasi.

Meski terlihat seperti menabung dalam jumlah yang besar sekaligus, investasi ini ada risikonya. Jika terjadi masalah pada perusahaan atau masalah ekonomi global, keuangan akan terdampak. Bisa jadi obligasi yang Anda simpan hilang begitu saja. Apalagi jika sampai perusahaan mengalami gulung tikar.

Satu hal yang pasti, jangan mudah tergiur dengan iming-iming investasi. Apalagi jika iming-imingnya keuntungan besar namun sistemnya tidak jelas. Sebelum mengirim uang untuk investasi atau keperluan lainnya, cek dulu nomor rekening tujuan di sini. Hal ini bisa mencegah terjadinya penipuan.

Kalau menurut Anda, investasi apa yang paling aman dan menggiurkan, nih? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Ciri Penipuan Investasi di Indonesia.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124