Tips Aman Belanja d iBukalapak

Lima Tips Mencegah Penipuan di Bukalapak

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia adalah Bukalapak. Di tempat ini, kita bisa mendapatkan berbagai macam barang dengan mudah. Bahkan, kita juga bisa menjadi pelapak jika memang memiliki produk yang bisa dijual. Masalahnya adalah, karena ada banyak orang yang bisa membuat akun di sini, risiko terjadinya penipuan pun sangat mungkin terjadi.

Berbagai Tips Mencegah Penipuan saat Bertransaksi di Bukalapak

Penipuan tak hanya terjadi saat kita bertransaksi. Terkadang, ada pesan yang mengatasnamakan dari Bukalapak yang meminta kita mengirimkan data tertentu. Hal ini juga berpotensi menjadi phising atau penipuan.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan demi mencegah penipuan yang ada di Bukalapak

1. Abaikan Permintaan Kode Verifikasi

Jika kita tiba-tiba mendapatkan SMS yang isinya adalah permintaan untuk memberikan kode verifikasi atau OTP agar proses transaksi bisa dilakukan, sebaiknya kita tidak melakukannya. Kode OTP memiliki peran yang sama dengan PIN ATM yang harus dirahasiakan dan hanya pemiliknya yang boleh tahu. Jika sampai diketahui orang lain, bisa jadi akan terjadi pencurian data dan disalahgunakan yang membuat kita rugi.

2. Waspadai Tawaran Mendapatkan Hadiah

Selain lewat SMS, terkadang penipuan juga dilakukan via telepon. Data nomor telepon ini bisa saja didapatkan saat kita mengisi keterangan saat akan melakukan transaksi pembelian barang di Bukalapak. Jika sampai penelepon mengatasnamakan diri dari Bukalapak, sebaiknya segera menghubungi customer service resmi dari Bukalapak untuk memastikannya.

Jangan mudah menuruti permintaan dari penelepon, khususnya yang terkait dengan pemberian kode OTP atau bahkan pengiriman uang ke nomor rekening tertentu.

3. Waspadai Permintaan Foto KTP

Terkadang, ada pihak yang meminta foto KTP sebagai salah satu syarat agar transaksi bisa dilanjutkan. Masalahnya adalah di Bukalapak, foto KTP sebenarnya sudah ada sebagai salah satu data yang harus terisi saat membuat akun. Permintaan foto KTP justru bisa dianggap sebagai potensi untuk melakukan penipuan sehingga harus kita waspadai.

4. Meminta Nomor VCN dari Kartu Debit atau Kartu Kredit

Modus ini sebenarnya mirip dengan permintaan kode OTP. Biasanya, penipu akan meminta kode atau nomor VCN dari kartu kredit atau kartu kredit agar bisa mencuri data atau mempergunakan kartu debit/kredit demi bisa menguras tabungan atau membeli barang dengan dana dari orang lain. Kode VCN harus dijaga agar tidak sampai diketahui orang lain.

5. Waspadai Link Pishing

Banyak penipu yang sengaja mengirimkan tautan atau link yang mirip dengan tautan resmi dari Bukalapak. Jika kita tanpa sengaja memencetnya, bisa jadi ada banyak sekali data pribadi yang akhirnya dicuri. Hal ini bisa membuat kita rentan terkena penipuan.

Jika Anda tak ingin menjadi korban penipuan saat bertransaksi di Bukalapak, sebaiknya mengecek nomor telepon atau nomor rekening disini sebelum memutuskan untuk benar-benar melanjutkan transaksi. Apakah Anda memiliki tips dan trik untuk mencegah penipuan di Bukalapak? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar ya, terimakasih.