Tips Mengatur Keuangan

Tips Mengatur Keuangan di Masa Krisis

Tips mengatur keuangan haruslah Anda ketahui, khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Hal ini disebabkan oleh dampak ekonomi dari pandemi yang sangatlah besar. Anda pun harus lebih cermat dalam mengatur keuangan agar tidak mengalami masalah.

Berbagai Tips Mengatur Keuangan di Masa Krisis

Banyak orang yang mengeluhkan hilangnya pendapatan di masa pandemi. Bahkan, ada yang sampai di-PHK atau banyak berutang hanya demi menyambung hidup. Jika Anda masih diberkahi pendapatan di masa sulit, sebaiknya lebih cermat. Anda pun bisa menerapkan berbagai tips mengatur keuangan seperti sebagai berikut.

1. Prioritaskan Tagihan Penting Terlebih Dahulu

Setiap bulan, pasti ada tagihan penting yang wajib dibayar. Meski ada di masa sulit, Anda harus memprioritaskannya. Sebagai contoh, cicilan rumah, cicilan kendaraan, tagihan listrik, air, dan lain-lain. Anda harus memastikan bahwa tagihan-tagihan tersebut harus dibayar lunas.

Jika tagihan-tagihan tersebut belum bisa dibayarkan, sebaiknya Anda tidak sembarangan mengeluarkan uang. Apalagi untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

2. Tak Perlu Memaksakan Diri untuk Menabung

Di masa biasanya, Anda memang disarankan untuk menabung, setidaknya 10 persen dari pendapatan. Hanya, di masa pandemi ini, ada kemungkinan pendapatan menurun. Anda pun sebaiknya menyesuaikan diri. Jika memang sulit untuk menabung, Anda juga tidak perlu melakukannya. Lakukan jika sekiranya di akhir bulan ada uang yang tersisa.

3. Selalu Cek Pengeluaran Bulanan

Mengingat kita sekarang hidup di masa krisis, mau tidak mau harus lebih cermat mengecek pengeluaran. Jangan ragu untuk selalu mencatat segala pengeluaran, meskipun kecil. Hal ini bisa membantu Anda mengetahui kemana saja uang Anda dihabiskan. Anda juga bisa mempelajari pengeluaran-pengeluaran apa saja yang sekirana tidak perlu. Ke depannya, Anda pun bisa berhemat!

4. Hindari Pengeluaran Tidak Perlu

Makan di luar, nongkrong di kafe, nonton bioskop, atau bahkan membeli pakaian baru memang menyenangkan. Hanya, di masa krisis, pengeluaran untuk hal-hal tersebut sebaiknya mulai dihindari. Pastikan uang hanya dihabiskan untuk hal-hal yang penting saja dulu. Toh, kita juga tidak bisa sembarangan keluar rumah demi mencegah penularan penyakit, bukan?

5. Cobalah Untuk Menemukan Pendapatan Sampingan

Jika pendapatan berkurang drastis di masa pandemi, janganlah bersedih terlalu dalam. Cobalah untuk mencari solusi lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa mencari pendapatan sampingan lewat berjualan online.

Di masa pandemi sekarang, banyak orang yang berdiam saja di rumah. Mereka justru lebih banyak menggunakan gawainya, termasuk dalam berbelanja. Nah, Anda harus menggunakan kesempatan ini dengan baik.

Ada banyak opsi untuk berjualan secara daring. Ada banyak pula platform jualan online yang bisa Anda gunakan. Anda hanya perlu mengetahui jualan apa yang sekiranya laris dan bisa memberikan penghasilan tambahan.

Meski begitu, berhati-hatilah jika akan berjualan online. Ada banyak kasus penipuan di sini, khususnya saat mentransfer uang untuk keperluan tertentu. Jika Anda akan mentransfer uang, cek dulu nomor rekening tujuan di sini. Hal ini bisa memastikan bahwa nomor rekening penerima tidaklah dimiliki oleh penipu.

6. Waspada Kartu Kredit

Kartu kredit bisa membuat Anda tanpa sadar membelanjakan banyak hal. Hal ini bisa membuat pengeluaran Anda tak terkendali. Karena alasan inilah, cermat-cermatlah menggunakan kartu kredit. Akan jauh lebih baik juga jika Anda tidak memilikinya saja di masa pandemi seperti sekarang ini.

Apakah Anda juga mengalami masalah keuangan di masa krisis seperti sekarang? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: ATM Tertelan atau Hilang? Begini Cara Mengurusnya.