Tips Menggunakan Instagram Bisnis

Tips Menggunakan Instagram Bisnis

Cara menggunakan Instagram Bisnis perlu Anda ketahui jika ingin mengembangkan usaha/bisnis Anda. Meski lebih dikenal sebagai aplikasi media sosial, realitanya Instagram Bisnis bisa memberikan manfaat lebih. Lantas, seperti apa sih cara menggunakan Instagram Bisnis yang tepat?

Berbagai Cara Menggunakan Instagram Bisnis

Jika sudah memiliki akun Instagram bisnis, Anda perlu memaksimalkannya. Jangan hanya sembarangan mengunggah postingan di Feed atau Stories. Berikut adalah berbagai hal yang perlu Anda maksimalkan.

1. Cobalah untuk Menentukan Target Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat pertama kali memakai Instagram Bisnis adalah menentukan target. Meski Anda mampu membuat konten yang menarik, kalau ternyata tidak pas dengan target, tentu konten tersebut akan menjadi percuma, bukan?

Cobalah untuk menentukan riset terlebih dahulu tentang usaha Anda. Sebagai contoh, jika Anda menawarkan produk makanan Korea, biasanya targetnya adalah perempuan remaja atau berusia 20-an. Cobalah untuk membuat konten yang terkesan girly dan dekat dengan budaya Korea. Hal ini tentu akan jauh lebih mengena dengan target.

Selain itu, jangan ragu untuk mengecek competitor dengan jenis produk yang serupa. Perhatikan cara mereka membuat konten atau kapan mengunggahnya. Cek juga seperti apa konsep konten-konten yang disajikan.

2. Perhatikan Profil Instagram Bisnis Anda

Akun Instagram memang hanya memberikan 150 karakter untuk keterangan profil. Jadi, Anda harus benar-benar pintar dalam memanfaatkannya. Pastikan untuk memberikan deskripsi bisnis dengan lebih jelas. Jika perlu, informasikan tentang kelebihan atau manfaat dari produk yang Anda tawarkan.

Anda juga bisa menambahkan tagar di profil berupa visi atau moto dari usaha Anda.

3. Membuat Jadwal Unggahan

Memang, ada riset yang menyebut jadwal mengunggah konten terbaik di Instagram. Hanya, belum tentu jadwal ini sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Hal ini disebabkan oleh target di setiap bidang usaha yang belum tentu sama. Anda pun harus lebih cermat dalam menganalisis hal ini.

Beruntung, di Instagram Bisnis, ada fitur yang membantu Anda untuk menganalisisnya. Cek di jam-jam mana yang sekiranya unggahan Anda dilihat banyak orang dan tepat sasaran. Memang, hal ini akan membutuhkan waktu, namun akan membantu Anda mengembangkan bisnis dengan lebih baik.

4. Buatlah Konten Semenarik Mungkin

Konten yang ada di Instagram adalah foto dan video. Hal ini berarti, Anda harus pandai-pandai membuat konten dengan tema tersebut sebaik mungkin. Selain itu, konten tersebut juga harus disesuaikan dengan produk bisnis Anda.

Selain konten, Anda juga harus memperhatikan followers. Anda bisa mengunggah ulang foto dari followers di story atau feed yang terkait dengan bisnis Anda. Selain bisa membuat mereka senang. Hal ini bisa membantu bisnis Anda dipromosikan balik oleh para followers tersebut. Hal ini juga bisa membantu mengembangkan akun bisnis Anda.

Anda juga bisa mengadakan diskon atau giveaway. Intinya, semakin baik Anda melakukan interaksi dengan pengikut. Semakin baik untuk bisnis Anda.

5. Jangan Hanya Fokus di Feed

Jangan melulu fokus di Feed karena kini banyak pengguna Instagram yang justru lebih memperhatikan Stories. Unggahlah informasi terkait produk Anda juga di Stories. Meski hanya berlaku sekitar 24 jam, dampaknya bisa jadi jauh lebih besar.

Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan Instagram Ads. Meski berbayar, membuat iklan di Instagram juga bisa menjangkau audience jauh lebih besar. Dampaknya tentu baik bagi bisnis Anda, bukan?

Selain cermat dalam menggunakan Instagram Bisnis, Anda juga harus lebih berhati-hati saat mengirim uang. Meski untuk keperluan bisnis, selalu cek nomor rekening penerima di sini sebelum mentransfer. Hal ini bisa membantu Anda mencegah terjadinya penipuan.

Sudah terlanjur jadi korban? LAPORKAN disini!

Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Cara Mudah Melaporkan Penipuan Online!

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124