Tips Mengamankan Akun Shopee dari Hacker

Tips Menjaga Akun Shopee dari Hacker

Tips menjaga akun Shopee perlu Anda ketahui. Hal ini disebabkan oleh semakin seringnya kasus pengambilalihan akun belanja online. Mengingat di dalam akun belanja online juga ada dompet digital, Anda memang harus mewaspadainya.

Akun Shopee Rentan Diretas

Banyak orang yang masih menyepelekan pentingnya akun belanja online. Padahal, di dalamnya terdapat dompet digital. Nah, salah satu dompet digital paling populer di Indonesia ternyata adalah ShopeePay. Anda bisa memakainya saat berbelanja di Shopee. Bahkan, Anda bisa berbelanja di tempat-tempat lainnya.

Sebagai contoh, Anda bisa membelanjakannya di Alfamart, Superindo, serta Ramayana. Bahkan, Anda bisa memakai ShopeePay untuk membayar sejumlah tagihan. Karena alasan inilah banyak orang menyimpan banyak uang di dalamnya.

Jika sampai akun ShopeePay diretas, dampaknya tentu akan berbahaya. Bisa jadi uang digital Anda akan diambil. Selain itu, bisa jadi akun Anda akan dipakai sembarangan. Pelaku akan membelanjakan banyak benda, dan Anda yang harus membayarnya.

Berbagai Tips Menjaga Akun Shopee dari Hacker

Berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan demi menjaga akun Shopee dari Hacker. Yuk, simak!

Tips Menjaga Akun Shopee dengan Jangan Sembarangan Membagi Password

Perlakukan akun Shopee layaknya ATM. Pastikan passwordnya hanya Anda yang tahu. Meskipun ada saudara atau kekasih yang memintanya, sebaiknya tidak Anda beri. Hal ini demi mencegah terjadinya pembajakan pada akun tersebut.

Selain menjaga kerahasiaan akun Shopee, sebaiknya Anda rajin mengganti password. Lakukan secara berkala demi menambah kekuatan password Anda. Hanya, pastikan bahwa password Anda tidak mirip dengan nama, username, atau nama toko di Shopee.

Waspada Phising dan Permintaan OTP

Zaman sekarang, pembajakan akun cukup sering terjadi. Tak hanya akun media sosial, akun Whatsapp dan belanja online juga jadi incaran. Cara pembajakan ini sangat beragam. Ada yang memakai metode phising, ada juga yang memakai permintaan OTP.

Metode phising dilakukan dengan mengirim tautan lewat SMS atau pesan Whatsapp. Pesan ini bisa berupa iming-iming hadiah atau promo diskon. Padahal, tautan di dalamnya justru berisi tautan yang bisa mengambil data pribadi Anda. Data-data ini termasuk akun-akun belanja online seperti Shopee.

Sebelum membuka tautan, cek dulu apakah ada promo diskon atau undian hadiah. Cek di situs resmi dari perusahaan yang dicantumkan dalam pesan tersebut. Anda pun bisa memastikan apakah tautan tersebut aman atau tidak.

Khusus untuk permintaan OTP, kini sering muncul SMS dengan aksara bahasa lain seperti Thailand atau Mandarin. Lalu akan muncul telepon atau SMS lain isinya meminta kode dari isi pesan tersebut. Mereka mengaku salah kirim ke nomor Anda. Padahal, sebenarnya mereka meminta kode OTP tersebut. Tujuanna tentu demi mengambil alih akun Anda.

Jangan Mudah Tergiur dengan Telepon Palsu

Selain modus-modus penipuan sebelumnya, Ada cara lain yang dilakukan untuk meretas akun Shopee. Cara tersebut adalah dengan melakukan peneleponan dengan atas nama dari Shopee atau Shopee Pay. Mereka melakukannya dengan iming-iming memberikan hadiah. Jangan ikuti instruksi yang mereka minta. Apalagi jika mereka kemudian meminta semacam kata sandi atau OTP yang dikirimkan ke Anda.

Selain menjaga akun Shopee dari hacker, Anda juga harus waspada dengan hal lain. Tepatnya berupa penipuan di aplikasi belanja online tersebut. Akan jauh lebih baik jika Anda membayarnya sesuai prosedur di Shopee saja. Hanya, jika Anda ingin membayar langsung ke rekening penjualnya, harap waspada. Pastikan mengecek nomor rekeningnya di sini dulu untuk memastikannya berpotensi penipu atau tidak.

Apakah Anda memiliki akun ShopeePay? Bagikan pengalamanmu tentang kemudahan memakai aplikasi ini, ya?

Sumber: tamiangnews.com