Dompet Bitcoin Palsu

Waspada Dompet Bitcoin Palsu

Dompet Bitcoin adalah tempat untuk menyimpan Bitcoin yang telah dimiliki. Sebagaimana uang di rekening bank, dompet ini juga diincar oleh banyak penipu. Bahkan, kini ada banyak penipu yang sampai membuat dompet Bitcoin palsu.

Mengenal Dompet Bitcoin Palsu

Dompet Bitcoin

Belakangan ini, beredar informasi tentang adanya dompet Bitcoin palsu. Masalahnya adalah dompet Palsu ini bisa ditemukan di Google Play Store. Jika Anda menyimpan Bitcoin di dalamnya, Bitcoin pun akan lenyap dirampas penipu. Bahkan, ada yang menyebut dompet ini bisa mengambil jenis mata uang virtual lainnya.

Dua jenis dompet digital palsu yang berbahaya adalah Cardano Crypto Wallet serta All Crypto Currency Wallet. Kedua dompet ini sempat diunduh oleh ratusan pengguna Bitcoin. Di jenis dompet Cardano, pengguna tertipu dengan iming-iming Bitcoin mereka bisa dikonversi menjadi Cardano. Sebagai informasi Cardano adalah mata uang virtual jenis lain. Sementara itu, dompet digital palsu satunya mengaku bisa menyimpan berbagai jenis mata uang virtual.

Masalahnya adalah pengembang dompet digital Bitcoin ini melakukan phishing. Ada tautan yang ternyata bisa menyedot data pribadi penggunanya. Tautan ini ditawarkan pada pengguna yang ingin menukar uang digitalnya. Setiap kali uang ditukarkan, pengembang mendapatkan sedikit bagian dari Changelly.

Memilih Dompet Bitcoin

Berikut adalah cara untuk memilih dompet tersebut.

1. Utamakan Keamanan Dompet Bitcoin

Salah satu faktor yang harus diperhatikan saat memilih dompet digital adalah keamanan. Hal ini disebabkan oleh Bitcoin yang ditempatkan di dalam dompet digital sangatlah berharga. Jika dompet atau wallet ini berbentuk situs, pastikan bahwa tingkat keamanannya sangat baik.

Situs ini juga harus memiliki kode keamanan serta tidak mudah terkena peretasan. Demi mendapatkannya, Anda bisa meminta saran di forum Bitcoin. Bertanya pada orang yang sudah berpengalaman di bidang Bitcoin juga bisa dilakukan.

2. Memiliki Fitur Multi-Signature

Dompet digital yang aman adalah yang memiliki fitur multi-signature. Fitur ini menyediakan lebih dari satu jenis kunci. Hal ini berarti, hanya pengguna yang mengetahui cara membuka beberapa kunci untuk  bisa membukanya. Kunci ini juga digunakan untuk otorisasi transaksi. Alhasil, Bitcoin di dalamnya tidak akan mudah dicuri atau disalahgunakan.

3. Aksesnya Mudah

Meski memiliki tingkat keamanan yang baik, bukan berarti dompet digital sulit untuk diakses. Dompet digital yang baik justru sangat mudah untuk diakses dengan menggunakan beragam jenis gawai. Bahkan, jika ada fitur dompet cadangan, hal ini juga dianggap lebih baik.

4. Transparan

Dompet digital yang aman juga sebaiknya transparan. Hal ini bisa membantu pengguna mengamankan Bitcoin di dalamnya. Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui cara kerjanya. Hal ini bisa membantu pengguna untuk sering mengecek perkembangan dompet tersebut. Setiap kali ada pembaruan fitur atau keamanan, pengguna juga mendapatkan pemberitahuan.

5. Nama Besar dan Pengalaman

Meski terkesan sepele, nama besar dan pengalaman juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih dompet. Semakin besar dan berpengalaman namanya, cenderung aman dompetnya. Selain itu, biasanya dompet ini juga lebih direkomendasikan di forum-forum.

Selain lebih cermat dalam memilih dompet, sebaiknya Anda juga tidak sembarangan mentransfer uang. Apalagi jika permintaan transfer ini terkait dengan Bitcoin. Selalu cek dulu nomor rekening di sini untuk memastikannya aman dari penipuan.

Dengan mengecek nomor rekening/telepon, Anda dapat mengetahui apakah pemilik nomor tersebut pernah dilaporkan penipuan atau tidak. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum bertransaksi online.

Kalau menurut Anda, dompet digital untuk Bitcoin seperti apa yang paling direkomendasikan? Ceritakan di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terimakasih.

Baca juga: Fakta Tentang Bitcoin.