Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Website E-Commerce

Website E-Commerce, Ini yang Harus Anda Perhatikan

Website e-commerce kini semakin diminati banyak pelaku usaha. Hal ini dipengaruhi oleh pergeseran dunia usaha yang kini semakin banyak di sektor online. Hanya, bukan berarti Anda bisa sembarangan membuatnya. Berikut adalah berbagai hal yang harus Anda perhatikan saat membuat website e-commerce.

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan dari Website E-Commerce

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengurus/ingin membuat website e-commerce. Berikut adalah berbagai hal tersebut.

1. Pastikan Logo Terlihat Jelas

Meski terlihat sepele, logo bisa memberikan pengaruh besar bagi keberhasilan usaha Anda. Logo yang jelas, sesuai dengan tema usaha, dan memiliki desain menarik haruslah Anda pilih. Selain itu, pastikan logo ini mudah dikenali dan diingat.

Selain logo dari usaha Anda. Logo-logo yang tersemat pada situs e-commerce juga harus Anda perhatikan. Sebagai contoh, Anda bisa memasang logo keranjang belanja agar memudahkan pembeli memilih barang belanjaannya. Juga ada logo pesan atau telepon jika ingin bertanya lebih lanjut. Sederhana tapi sangat penting, bukan?

2. Perhatikan Jumlah Produk di Halaman Depan Website

Jangan tempatkan semua produk di halaman depan situs e-commerce Anda. Hal ini membuat tampilan situs jadi tidak menarik sekaligus membuat Anda seperti tidak punya jualan utama.

Jika Anda menjual merek berkualitas atau terkenal, tempatkanlah di bagian halaman depan. Hal ini bisa menarik perhatian lebih banyak pelanggan.

3. Pastikan Website Menarik Perhatian Pelanggan

Tahukah Anda, orang bisa memutuskan menyukai sebuah situs atau tidak dalam waktu yang cukup cepat? Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh tampilan yang menarik atau kemudhan situs untuk digunakan. Selain itu, reputasi juga bisa menjadi pertimbangan.

Hanya, jika Anda baru membuka bisnis dan belum banyak orang mengenal, cobalah untuk lebih cermat. Berikan penawaran, diskon, promo, dan lain-lain. Anda juga bisa menetapkan biaya pengiriman gratis untuk tempo waktu tertentu. Hal ini tentu bisa memastikan pelanggan mulai tertarik menggunakan situs Anda.

4. Cantumkan Berita Terkini Serta Produk Populer

Website e-commerce tak melulu tentang produk-produk saja yang dijual. Anda juga harus menyertakan berita terkini di situs Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan berita terkait diskon, produk terbaru, dan lain-lain. Anda juga sebaiknya menempatkan fitur produk populer. Banyak orang yang bisa saja mengecek produk tersebut dan akhirnya tertarik untuk membelinya.

5. Tautan Sosial Media

Jangan sepelekan peran sosial media bagi perkembangan bisnis. Di media sosial, bisnis bisa membuat iklan atau promosi baik itu berbayar maupun gratis. Apalagi kini ada semakin banyak orang yang sering mengeceknya.

Anda pun harus pandai-pandai memasukkan tautan sosial media di situs e-commerce Anda. Sosial media ini bisa berupa Twitter, Instagram, Facebook, dan lain-lain. Selain sosial media, Anda juga bisa bergabung dalam sebuah komunitas atau grup di aplikasi perpesanan Whatsapp.

6. Menyediakan Fitur Chatting Online atau Telefon

Banyak pelanggan yang masih bingung akan suatu barang sehingga memilih untuk menghubungi pemilik situs e-commerce. Mereka ingin bertanya-tanya lebih lanjut untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan. Anda pun bisa menyediakan fitur Chatting Online atau bahkan telepon untuk memberikan pelayanan bagi mereka.

Selain mengetahui apa saja yang harus ada di website e-commerce, Anda juga harus berhati-hati dengan penipuan. Selalu cek nomor rekening penerima di sini sebelum anda mentransfer uang. Apalagi jika penerima belum dikenal. Cara ini untuk memastikan apakah nomor penerima adalah penipu atau bukan.

Kalau menurut Anda, fitur mana nih yang paling penting bagi Website E-commerce? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Tips Sebelum Membuat Website E-Commerce.