Whatsapp Bisnis

Whatsapp Bisnis, Apa Sih Manfaatnya?

Apakah Anda sudah mengenal Whatsapp Bisnis? Meski kini sebagian besar pengguna ponsel pintar juga menggunakan aplikasi Whatsapp, ternyata belum banyak orang yang mengenal Whatsapp Bisnis. Hal ini disebabkan oleh fungsinya yang memang cenderung lebih cocok dipakai oleh para pelaku usaha. Lantas, seperti apa sih sebenarnya Whatsapp Bisnis?

Mengenal Whatsapp Bisnis dan Manfaatnya

Sebenarnya, bisa dijelaskan bahwa aplikasi ini dikhususkan untuk keperluan bisnis. Di zaman serba online seperti sekarang ini, komunikasi bisnis memang lebih mudah digunakan. Aplikasi ini akan membedakan Whatsapp biasa sehingga memudahkan komunikasi antara pembeli dan penjual.

Sebagai contoh, pembeli bisa bertanya-tanya tentang sebuah produk kepada penjual lewat aplikasi ini. Penjual pun tidak akan kebingungan untuk membedakannya dengan percakapan selain bisnis.

Berbagai Manfaat yang Ditawarkan Whatsapp Bisnis

Jika Anda masih ragu untuk menggunakan Whatsapp bisnis, cermati saja berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

1. Bisa Memperlancar Komunikasi dengan Konsumen

Manfaat pertama yang bisa didapatkan oleh pengguna Whatsapp Bisnis adalah kemudahan komunikasi. Khususnya dengan konsumen. Di aplikasi ini, terdapat fitur balas otomatis. Fitur-fitur tersebut adalah greeting message, quick message, serta away massage.

Fitur-fitur balas otomatis ini memungkinkan Anda ‘membalas’ pesan otomatis dari para pelanggan. Meski Anda sedang sibuk atau tidak sempat membalas, nomor Anda akan tetap membalasnya sesuai kebutuhan. Kecepatan membalas pesan ini bisa berpengaruh besar bagi bisnis, lho.

Sebagai contoh, ada konsumen yang memesan barang di malam hari saat Anda sudah beristirahat. Secara otomatis, Whatsapp Bisnis memberikan pesan balasan berupa format pesanan. Pelanggan pun tinggal mengisi format pesanan. Saat Anda bangun keesokan harinya, Anda tinggal mengurus pesanan. Ringkas dan mudah, bukan?

Terdapat pula fitur lain yang disediakan oleh aplikasi ini, yaitu Label serta Statistik. Fitur ini bisa membantu Anda melakukan follow up terhadap pelanggan. Sebagai contoh, bagi pelanggan yang belum membayar, tinggal memberikan label pada kontaknya. Anda pun tinggal menagihnya jika tak kunjung membayar.

Beragam fitur ini tentu tidak akan Anda dapatkan jika menggunakan Whatsapp biasa. Meski sama-sama bisa dipakai untuk berkirim pesan dan telepon, Whatsapp biasa masih kurang lengkap. Anda pun bisa kesulitan mana keperluan bisnis dan mana yang keperluan pribadi.

2. Membuat Anda Lebih Mudah Dipercaya

Dunia bisnis, khususnya bisnis online nggak bisa lepas dari risiko kejahatan, khususnya penipuan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian para pelaku bisnis. Sebagai contoh, mereka harus cermat dalam melakukan transaksi. Jika tidak, maka risiko untuk menjadi korban penipuan akan meningkat.

Demi mencegahnya, Anda bisa mengecek nomor rekening orang lain di sini sebelum mengirim uang. Anda akan diberi tahu apakah nomor rekening tujuan berpotensi melakukan penipuan atau tidak. Mudah, bukan?

Selain dengan cermat melakukan pengecakan, Anda juga sebaiknya memakai Whatsapp Bisnis untuk keperluan usaha Anda. Aplikasi ini menyediakan fitur profil bisnis yang bisa dicek secara pasti. Anda pun bisa meyakinkan pelanggan bahwa bisnis Anda kredibel dan bisa dipercaya.

3. Lebih Mudah Melakukan Promosi

Di Whatsapp Bisnis, ada fitur katalog yang bisa diisi deskripsi serta harga produk. Hal ini tentu memudahkan pelanggan yang ingin membeli barang-barang Anda dengan cermat. Selain itu, Anda juga bisa menyebar katalog ini ke kontak Whatsapp atau media sosial lain.

Jika Anda sudah menggunakan aplikasi ini, jangan lupa selalu berhati-hati dengan penipuan online. Sebelum bertransaksi Anda bisa cek rekening tujuan/penerima uang Anda di sini. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan Anda menjadi korban penipuan.

Jadi, Anda sudah mengenal Whatsapp Bisnis dengan baik, kan? Kapan nih mulai menggunakannya?

Baca juga: Kembangkan Bisnis dengan Whatsapp Marketing. 

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124