Apa Itu Whatsapp Marketing

Whatsapp Marketing, Apa Sih Pengertiannya?

Whatsapp marketing ternyata belum benar-benar diketahui oleh banyak orang. Padahal, keberadaan aplikasi percakapan ini bisa membantu meningkatkan keuntungan bisnis. Lantas, seperti apa sih whatsapp marketing yang sebaiknya Anda ketahui?

Mengenal Whatsapp Marketing Lebih Jauh

Whatsapp kini telah menjadi aplikasi percakapan terbesar di dunia. Hampir semua pemegang ponsel pintar memakainya. Tak hanya untuk berkirim pesan, Anda juga bisa mengirim berbagai hal. Sebagai contoh, Anda bisa mengirim dokumen dan gambar. Anda juga bisa mengirim foto dan video dengan mudah dan cepat.

Berbagai kemudahan ini tentu akan memungkinkan Anda melakukan promosi lewat Whatsapp. Tak hanya via aplikasi biasa, Anda juga bisa memaksimalkan Whatasapp Business. Aplikasi ini semakin memudahkan proses promosi kepada para pelanggan.

Berbagai Keuntungan Melakukan Pemasaran dengan Whatsapp

Terdapat berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memakai Whatsapp untuk pemasaran/bisnis. Berikut adalah keuntungan-keuntungan tersebut.

Penggunanya Banyak

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, hampir semua pengguna smartphone memiliki Whatsapp. Berdasarkan data tahun 2018, setidaknya ada 1,5 miliar pengguna Whatsapp aktif di seluruh dunia. Hal ini berarti, ada pasar besar bagi siapa saja yang bisa Anda maksimalkan.

Kelebihan Whatsapp adalah kemudahan yang ditawarkan. Asalkan ada jaringan internet, Anda bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya. Beruntung, berdasarkan informasi yang dikeluarkan Harvard Business Review, konsumen membutuhkan kemudahan. Hal inilah yang membuat Whatsapp bisa dijadikan promosi yang lebih efektif.

Whatsapp Bisa Dipakai di Komputer

Tak hanya dipakai di ponsel pintar, Anda juga bisa menggunakan Whatsapp di komputer, lho. Anda bahkan tak harus mengunduh aplikasi. Bisa membukanya kok lewat browser. Simpel, bukan? Anda bisa membukanya di web.whatsapp.com.

Jika Anda terbiasa memakai komputer, tentu akan memudahkan Anda memakai Whatsapp. Tak perlu beralih ke ponsel, bisa langsung membalas pesan siapa saja lewat Whatsapp. Hal ini bisa lebih cepat untuk dilakukan. Selain itu, ponsel juga tidak akan mudah lemot, apalagi jika ada banyak file besar yang harus dikirim.

Lebih Aman dari Peretasan

Whatsapp adalah salah satu aplikasi teraman. Sangat jarang ada kasus peretasan atau gangguan. Anda pun bisa memastikan keamanan komunikasi dengan siapa saja, termasuk pelanggan. Risiko mengalami gangguan komunikasi juga bisa ditekan.

Kini, Whatsapp bahkan ada fitur end to end encryption. Hal ini membuat percakapan Anda semakin aman dan tidak mudah disadap. Bisnis pun bisa dijalankan dengan lebih aman, bukan?

Bisa Membuat Grup Whatsapp

Grup Whatsapp adalah hal yang wajar dimiliki siapa saja. Grup bisa diisi teman-teman, rekan kerja, dan lain-lain. Anda juga bisa membuat grup khusus untuk konsumen bisnis Anda. Di setiap grup, Anda bisa mengisinya hingga 256 anggota, lho. Jumlah ini tentu sangat besar, bukan?

Di grup ini, Anda bisa memberikan informasi tentang apa yang Anda jual dengan cepat. Yang membaca informasi ini juga cukup banyak. Hal ini tentu sangat efektif, bukan? Ditambah dengan biaya promosi yang sangat murah. Hal ini tentu sangat menguntungkan.

Ada Whatsapp Story

Whatsapp Story tak hanya membuat Anda membagikan apa yang Anda alami atau pikirkan. Anda bahkan bisa memberikan informasi terkait jualan Anda di sini. Hanya, Anda harus pintar-pintar membuat konten agar bisa menarik pelanggan.

Tak hanya lebih cermat menggunakan marketing lewat Whatsapp, Anda juga harus cermat mengirim uang. Sebelum mentransfer uang, cek dulu nomor rekening tujuan di sini, apalagi jika Anda tidak mengenalnya. Hal ini bisa membantu Anda mencegah terjadinya penipuan.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memaksimalkan Whatsapp Marketing? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca Juga: Tips Marketing Whatsapp, Ini yang Harus Anda Ketahui

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124